Saturday, December 15, 2012

BMC di KMB Quantum

Assalamualaikum wr wb.

-- Action tanpa ilmu pengetahuan sangat beresiko, ilmu pengetahuan tanpa action tak berguna--

Ini sering banget saya denger dari para pelaku usaha, dan apa yang dikatakan oleh para pelaku usaha itu memang sangat benar sekali.
Tapi jangan salah juga, ternyata ilmu pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis yang sering kita dapat dari berbagai sumber tidak jarang membuat kita semakin bertambah bingung dan galau, terutama bagi teman yang baru memulai bisnis. Ujung-ujungnya usaha mandeg, gak fokus, smua kelihatan indah pada awalnya namun ketika dijalani kok ya tidak indah lagi…ribet…ruwet…gak sesuai dg keinginan, gak tahan biaya operasional tinggi tapi penjualan tidak banyak, dan sebagainya.

 
Nah… dalam hal ini saya pikir yang paling beruntung adalah teman-teman pelaku usaha yang sudah dan akan belajar Business Model Canvas (BMC).
Kenapa begitu?
Karena dalam Business Model Canvas  ternyata kita dapat menguasai konsep bisnis kita yang sangat rumit sekali kalau dipikirkan (agak lebayy) menjadi lebih sederhana yang ditampilkan dalam bentuk lembar kanvas berisi 9 kotak atau peta 9 elemen.
 

Apakah yang dimaksud dengan Bisnis Model?
Bisnis Model adalah suatu manajemen bisnis yang dibuat secara rasional yang menjabarkan satu persatu atau bagian2 yang saling berhubungan, dimana ke semua bagian tersebut merupakan suatu proses yang akan menjadikan suatu perusahaan menjalankan bisnisnya secara terencana dengan harapan suatu keberhasilan yang maksimal.

9 elemen yang terdapat dalam Business Model Canvas sbb :
1.Customer Segment 
2.Value Preposition
3.Channel
4.Customer Relationship
5.Revenue Stream
6.Key Resource
7.Key Activity
8.Key Partnership
9.Cost Structure

Penjelasannya :

1.Customer Segment : Siapa pembeli produk /jasa yang kita hasilkan?
Dalam menentukan customer segment ada beberapa kriteria yang bisa menjadi bahan pertimbangan, diantaranya adalah : - segment pasar yg dituju (misal : wanita/pria, dewasa/remaja/anak-anak) - class : pendapatan/penghasilan dari segment yg dituju - type : high level/middle level/low

2.Value Preposition : unique selling product atau nilai tambah yang diberikan atas barang/jasa yg dijual.

3. Channel : delivery - bagaimana/dimana customer membeli produk yang kita tawarkan - bagaimana produk yang kita hasilkan sampai di tangan pembeli

4.Customer Relationship - bagaimana caranya mereka selalu dapat informasi tentang produk kita - bagaimana caranya memaintance customer kita

5.Revenue Stream Produk manakah yang menghasilkan uang bagi perusahaan /produk yg sudah menghasilkan uang

6.Key Resources : Permodalan Modal apa saja yang harusnya dimiliki oleh perusahaan

7.Key Activity : Apa saja yang harus dilakukan terkait dg produktivitas perusahaan

8.Key Partnership : Siapa saja yang harus jadi partner kerja perusahaan

9. Cost Structure : Struktur biaya secara keseluruhan yang terkait dengan aktivitas perusahaan

Terima kasih P Rawi atas ilmu yang diberikan, smoga berkah untuk kita semua, 
Amin YRA.

Wassalamualaikum wr. wb.

 
salam ber-KMB 

Afia Lindra
www.suvenircoklat.com
FB Suvenir Coklat
@SuvenirCoklat
BB Pin 274B22BA

--cari kue enak? ke Suvenir Coklat ajjah...

No comments:

Post a Comment