Sunday, December 11, 2011

80/20 = Pareto

Sharing oleh Enjang M, owner of Mie Hijau Warna Alami SehAt BergizI

Pernah mendengar prinsip 80/20 ? Yap, benar itulah pareto. Penelitian ini membuktikan bahwa perusahaan bisa jalan baik dengan hanya 20 persen member saja. Problem perusahaan bisa diselesaikan hanya dengan menyelesaikan 20 persen saja akar masalahnya.
Dan bagaimana prinsip pareto diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari ? Mari kita praktekan. Mulai tuliskan semua aktivitas kita sehari-hari 2 hari ke belakang. Lalu gambarkan matrik seperti anda menggambar matrik 4 kuadrannya robert kiyosaki dengan di sisi kanan urgent-important/not urgent-important, dan di sisi kiri not urgent-important/not urgent-not important. Nah anda lalu masukkan aktifitas harian anda itu ke dalam matrik yang sudah di buat tadi.
Dua matrik di sisi kanan adalah aktifitas anda yang penting dan segera harus di laksanakan atau tidak harus segera dilaksanakan adalah perlua anda kerjakan sendiri (do!), sedangkan pada sisi kiri apa yang harus segera dikerjakan dan tidak penting anda bisa mendelegasikannya. Dan apa saja aktifitas yang tidak penting dan tidak segera dilaksanakan harus dihindarkan.
Alokasikan 20 persen waktu aktifitas harian anda untuk melakukan aktifitas yang penting yang anda tunda-tunda.
Lakukan berulang-ulang secara rutin.
Dari situ akan terlihat aktifitas kita sudah efisien efektif atau tidak

No comments:

Post a Comment