Thursday, December 8, 2011

Kurir oh kurir....

Kamis pagi 8 Desember 2011
Diskusi menarik di grup BBM mengenai kurir pengiriman barang

Perbincangan dimulai karena ada kasus hilang barang yang menimpa salah satu teman (pelaku bisnis online) yang mengirimkan barang via sebuah kurir untuk pesanan seorang customer.

Bila anda sekalian memiliki bisnis online tentunya jasa pengiriman barang tidak terlepas dari suatu kebutuhan yang sangat diperlukan guna mempermudah customer mendapatkan barang yang mereka beli dari kita. Kalau di pelajaran Business Model kurir ini masuk ke dalam Key Partner-nya sebuah perusahaan.



Namun terkadang dan bahkan sering sekali terjadi kita berhadapan dengan kurir yang nakal. Sebagai contoh begini, saat kita mengirim barang dengan jumlah 10pcs bisa jadi saat diterima oleh customer kita hanya sejumlah 9pcs. Lantas bagaimana mengatasi hal tersebut?

Sharing yang ditulis oleh kang Yodhi di grup BBM “Business Modellling” berikut paling tidak dapat memberikan sedikit solusi untuk mengantisipasi kondisi yang tidak kita harapkan terjadi atas pengiriman barang.

1.Sebelum paket dikirim lakukan foto lebih dahulu, yakni foto produk yang akan dikirim (kalau bisa diberi semacam segel/tanda ikatan) setelah itu difoto kembali saat produk tersebut sudah dalam keadaan tertutup rapi.

2.Saat customer terima barang yg kita kirim dari sebuah ‘kurir’ silahkan foto dulu keadaan paket tersebut. Dan bila dirasa janggal, segera laporkan kepada kita sebagai pengirim barang, karena bila terjadi kekurangan/kehilangan barang, foto tersebut dapat dijadikan sebagai bukti ke pihak kurir/jasa ekspedisi pengiriman barang.

3. Bila sampai terjadi kekurangan/kehilangan barang dan customer tidak memiliki bukti foto artinya kita tidak dapat mengganti atas kehilangan tersebut.

Dalam hal ini sebaiknya para pelaku bisnis online juga perlu sedikit meng-edukasi customer tentang kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Bilamana antisipasi seperti ini sudah dilakukan oleh pebisnis online saya rasa kemungkinan2 akan adanya kurir2 yang nakal agak bisa berkurang.

Demikian yang bisa saya sampaikan, silahkan beri tambahan bila dirasa perlu untuk informasi kita smua.

Salam berbagi info
Afia Lindra