Sunday, December 11, 2011

Progress Report 121211

Setelah 3x mengikuti pelajaran Business Model yang disampaikan oleh mas guru Kika, demikian progress yang kami coba pelajari berkaitan dengan aktifitas produksi di dapur ‘Suvenir Coklat’

1.Customer Segment
Selama ini kami tidak menentukan segment pasar secara pasti, setelah mempelajari BM ternyata Customer Segment harus ditentukan sejak awal usaha.
Yang coba kami lakukan adalah membenahi segala sesuatu berkaitan dengan kue-kue hasil produksi dapur ‘Suvenir Coklat’ karena segment yang akan kami bidik sesuai tampilan dan kwalitas kue yg kami produksi adalah segment Middle Up.



2. Value Preposition
VP = unique selling product
Selama ini kami menjual semua kue berdasarkan permintaan customer, walaupun sering terjadi harga produk kue yang kami buat tidak sesuai dengan harga jual dikarenakan proses pembuatan yang rumit serta pesanan tersebut hanya sekali-sekali saja dipesan oleh customer.
Saat ini kami coba benahi kembali VP dari produk kue, kami maksimalkan produksi kue yang merupakan ciri khas produk Suvenir Coklat. Sedangkan untuk produk kue lainnya tetap kami buat sebagai produk pendukung.

3.Channel
Channel yg sudah berjalan : Reseller, toko, workshop,
Channel yang akan kami maksimalkan : website, blog, pameran/bazaar sbg penetrasi langsung.

4.Customer Relationship
Yang coba kami tingkatkan : aktif mengikuti perbincangan di bbrp milis untuk berbagi info, aktif menulis di blog terkait dg info usaha atau info-info terkait dg kuliner dan resep2 kue dengan tujuan agar mendekatkan profil kami kepada customer.

5.Revenue Stream :
Akan kami analisa produk-produk yang menghasilkan uang utk perusahaan dalam artian biaya produksi sesuai dengan harga jual produk.

6. Key Resources :
Dalam hal permodalan selama ini kami menggunakan modal mandiri, bilamana akan terjadi progress yang menggembirakan dalam penjualan VP yg telah kami tentukan tentunya tidak menutup kemungkinan untuk menerima/meminjam dari pihak lain untuk pengembangan usaha kue kami.

7.Key Activity
Selama ini kegiatan yang kami lakukan berdasarkan permintaan customer, tetapi saat ini kami mencoba untuk menentukan pasar dan akan kami coba untuk men-drive pasar yang telah kami tentukan.

8.Key Partnership
Mencoba menuliskan dengan lebih jelas lagi siapa2 saja yang saat ini menjadi key partner terkait dengan key activity yang kami jalankan, misalnya supplier, karyawan yg menangani produksi

9. Cost Structure
Nah ini salah satu kesulitan yang kami hadapi, yakni membuat system administrasi yang teratur di segala bidang yang terkait dengan usaha serta keluar masuknya uang baik sebagai biaya ataupun pemasukan uang hasil penjualan.
Selama ini pencatatan keluar masuk uang di “SuvenirCoklat” tercatat dengan baik namun belum mewakili secara umum gambaran laporan keuangan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, sehingga sulit sekali menganalisa ttg pembiayaan yang perlu atau yang tidak perlu dilakukan.
Insyaallah awal tahun depan kami akan memaksimalkan penggunaan software accounting ZAHIR agar kami mengetahui secara pasti peta uang di dalam perusahaan yang telah kami jalankan selama ini.


Demikian progress report secara umum terkait kegiatan usaha di dapur “Suvenir Coklat”.
Dari masing-masing item yang kami sebutkan akan kami rinci kembali secara detail satu persatu sehingga kata-kata ‘ingin memiliki usaha yang besar’ bukan hanya slogan belaka.

Reported by Afia Lindra

No comments:

Post a Comment