Tuesday, December 6, 2011

Berbagi Cerita....

Selasa sore kemarin workshop kami didatangi seorang ibu beserta putrinya yg pelajar SMP.
Dalam kesempatan tersebut terjadi percakapan sebagai berikut :

Ibu : Mbak.. tolong dong anak saya mau ada tugas sekolah bikin cake blackforest, saya pesen coklatnya aja ke mbak ya… krn biar nanti tampilan cake jadi bagus…

Saya : Lho.. kenapa nggak dibuat sendiri aja bu? Saya mau kok bu ngajarin bikin coklatnya utk anak ibu dan temen-temennya, apalagi cake-nya sudah bisa dikerjakan oleh anak ibu, tinggal membuat sentuhan akhir pasti jadinya lebih bagus.



Ibu : nggaklah… repot, lagian anak2 juga cuma sekali ini aja kok bikin Cake Blackforestnya, jadi kalau harus belajar juga percuma, gak akan dipake lagi hasil belajarnya…

Saya : ?? (sambil bengong sbentar) walau sekali bikin kan namanya belajar bu… pasti bermanfaat lho buat anaknya..

Ibu : nggak deh mbak.. pesen aja biar praktis jadi anak2 gak akan repot2 lagi… soalnya anaknya susah dibilanginnya… maunya cari gampang ajah

Saya : (dlm hati, wahh gak beres nih ibu…) bu… maaf ya… saya nggak bisa bikinin coklatnya seperti permintaan anak ibu, tetapi kalau anak ibu mau, saya akan ajarkan bagaimana cara membuat coklat untuk cake Blackforest… karena ini tugas sekolah bu, kasihan anaknya kalau harus terima jadi… atau saya kasih tau aja cara lain yang lebih mudah tanpa harus menggunakan peralatan khusus…

Ibu : nggak deh mbak…

Saya : okelah bu… mohon maaf kalau begitu ya…

Sang ibu dan putrinya pun berlalu….
Saya introspeksi diri lagi dari sikap yg saya lakukan terhadap ibu tersebut dan putrinya, duhh salah nggak ya??
Pertimbangan saya saat kejadian itu adalah nilai yang akan saya dapatkan seandainya saya mengerjakan permintaan ibu tadi adalah hanya sebatas materi, itupun dalam jumlah yang sangat sedikit, tetapi bila ilmu yang saya berikan ke anak ibu tadi saya akan memperoleh banyak hal.

Salam berbagi ilmu

2 comments:

  1. Hi.
    Salam kenal ya mba.
    Memang suka ada ya, orang tua yang begitu. Aku juga pernah ngalamin, ada ibu-ibu telp aku untuk minta buatin rajutan untuk tugas sekolah anaknya.
    Udah aku saranin untuk belajar aja daripada dibuatin, tetep keukeuh ga mau.

    ReplyDelete
  2. hai, salam kenal juga, semoga kita slalu diberi kekuatan hati utk menyampaikan hal2 baik pada orang lain

    ReplyDelete