Saturday, November 10, 2012

KMB Quantum sesi 2



Setelah sesi perkenalan dan materi GROW di pertemuan pertama,
Sesi kedua pertemuan KMB Quantum membahas materi bebas, namun masih seputar sharing usaha.

Oleh sang mentor ditekankan kembali bahwa dalam ber-KMB sangat diharapkan KETERBUKAAN dan KERAHASIAAN.

Terbuka dalam arti masing-masing kita diharapkan bisa bercerita terbuka tentang usaha yg sedang dijalani, tentang omzet usaha, tentang kendala usaha, problem klasik yg sering ditemui dan mungkin juga tentang kekurangan2 yang ada di usaha masing2.
Kenapa harus terbuka? Saya pikir hal ini akan mempermudah bagi sang mentor ataupun teman-teman lainnya dalam memberi masukan yg positif utk kemajuan usaha kita masing-masing.


Lalu setelah sesi buka-bukaan, kita diminta juga untuk tetap bisa komit dalam kerahasiaan. Artinya adalah setelah tahu rahasia teman dalam kelompok KMB diharapkan tidak bercerita lagi diluar kelompok KMB ataupun diluar waktu KMB.
Saya pikir juga ini penting banget… kenapa? Biar masing-masing dari kita lepas bebas bercerita tanpa rasa khawatir rahasia akan terbongkar keluar. (hehehe emang sapa elo? pssst kan rahasia….)

Trus fungsinya sang mentor apa aja ya?
nah… dalam hal ini sang mentor akan sharing materi yang pernah didapat dari orang lain untuk member KMB-nya.

Dalam pertemuan kemarin juga dibicarakan mengenai “Value Perusahaan atau Corporate Value”

Corporate Value adalah nilai-nilai yang terbentuk atau nilai-nilai yang ingin kita dibentuk di dalam perusahaan. Yakni dapat juga dikatakan nilai-nilai di dalam perusahaan yang akan membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lain karena di dalam perusahaan yang kita miliki terbentuk nilai-nilai lebih.
Misalnya : (seperti dicontohkan oleh p Rawi)
‘-cepat respon, ‘-manusianya beriman ‘-segala hal dibuat lebih gampang, dll. Sesuai dengan yang kita harapkan terjadi di perusahaan kita.
Lantas nilai-nilai tersebut apakah cukup dengan dikatakan saja atau cukup hanya kita sendiri yang tahu?
Sebaiknya nilai-nilai dalam perusahaan dibuat secara tertulis dan terpangpang dapat dibaca oleh orang lain, dalam  hal ini bisa karyawan, bisa tamu perusahaan, bisa juga diri kita sendiri supaya terus menerus mengingat ‘corporate value’.

Lantas apa pentingnya ‘Corporate Value’ ?
Corporate Value akan dirasakan penting sebagai nilai-nilai budaya yang akan mempersatukan atau menselaraskan semua nilai-nilai yang berbeda di dalam perusahaan. Jika semua personal memiliki budaya atau nilai-nilai berbeda yang dibawanya dari lingkungan luar, maka Corporate Value-lah yang akan membuat mereka selaras dalam melakukan perilaku kerja.


Mentor : Rawi W.
Participant : Alia – Afia – Arys (gak sengaja tiple “A”)

No comments:

Post a Comment