Saturday, November 10, 2012

ESQ Mitra BUMN


 Training “ESQ Mitra BUMN”

Dear all, izinkan saya untuk sekedar sharing pengalaman mengikuti training ‘ESQ Mitra BUMN’ yang telah dilaksanakan pada hari Kamis 11 Oktober 2012 bertempat di PRJ hall B.
Bersama  dengan 5.000 peserta Mitra BUMN yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat kami melebur menjadi satu untuk bisa menikmati moment istimewa ini.

Saat memasuki area yang dijadikan tempat training saya melihat terpampang banner dengan ukuran besar yang bertuliskan “Save Our Nation”
Dalam hati berujar apa maksudnya ya tulisan tersebut?


Memasuki ruangan  besar yang telah dipenuhi oleh sebagian besar peserta  training terasa sekali suasana penuh semangat dari para pelaku bisnis UKM yang sedang berbincang bincang mengenai bisnis yang mereka jalani saat ini.
Tak berapa lama kemudian acara dimulai dengan pembukaan,  menyanyikan lagu Indonesia Raya,  berdoa, kemudian diselingi dengan yel yel sebagai penyemangat yang memotivasi semua peserta yg hadir saat itu.

Acara berikut oleh Bp Dahlan Iskan yang saat itu hadir dan memberikan sedikit pencerahan bagi para peserta.  Sharing oleh beliau diantaranya adalah sebagai berikut :

-Penyebab kemiskinan salah satunya adalah karena kita punya mental yg TAKUT . Takut gagal atau takut tidak berhasil, takut berhutang atau takut diberi pinjaman uang oleh pihak lain karena nanti takut tidak bisa membayar, dengan demikian lebih baik cari aman saja. Alhasil usaha yg dijalankan yaa begitu begitu saja, tidak ada kemajuan, tidak ada motivasi yg membuat kita berfikir utk bisa lebih maju lagi.

-Yang namanya pebisnis atau pengusaha, bila mengalami ditipu adalah merupakan hal yg sangat wajar. Bahkan menurut pak Dahlan Iskan ditipu itu sangat penting, kenapa? Bila kita adalah seorang pengusaha sejati saat kena tipu orang yang akan dilakukan adalah bangkit lagi. Dengan sakit hati akibat tertipu itu malah menjadi pemicu untuk segera bangkit kembali dan malah usaha menjadi maju.
Tapi sebaiknya  untuk menjadi pengusaha yang handal jangan pernah balas menipu orang lain.

- Penyakit pengusaha kecil adalah ‘usaha pengen besar dengan cepat’ maka menurut beliau ‘Barang siapa yang pengen besar dengan cepat maka anda sedang mengidap penyakit. Karena pengusaha yang baik adalah pengusaha yang menjalankan usahanya dengan cara merangkak . Merangkak bisa merangkak pelan-pelan, merangkak cepat, merangkak cepat-cepat. Yang jelas adalah merangkak secara pasti .

-Dalam menjalani dan menekuni usaha itu harus focus focus dan focus, tidak gampang tertarik dengan usaha lain yang lebih menggoda. Karena pelaku usaha yang tidak focus dengan sendirinya akan mengalami kegagalan.

- terakhir kata beliau bawalah bisnis itu dalam eat, sleep and dream. Sedang makan juga ingat bisnis, sedang tidur juga ingat bisnis, bahkan bisnis pun harus terbawa dalam mimpi kita.

Sesi berikutnya diisi oleh Bp Ary Ginanjar
Pertanyaan dalam hati saya tentang tulisan “Save our Nation” rupanya sedikit terjawab saat mendengar ceramah dari beliau.

Kita smua pasti tahu kondisi carut marutnya pemerintahan disini, di negeri Indonesia yang sangat kita cintai ini, smua serba dikorupsi, yang bisa dimanipulasi ya dimanipulasi… Astaghfirulloh….
Jujur saya menangis saat menyanyikan lagu  Indonesia Raya, apanya yg bisa dibanggakan dari Indonesia kalau saat mengurus izin surat usaha ke kelurahan disodorkan tariff ratusan ribu  bahkan sampe jutaan rupiah (pengalaman pribadi yg menyebalkan) kita ini UKM, bagian dari rakyat kecil yang baru mau memulai usaha…kok malah dimintain duit. Padahal dengan adanya UKM UKM ini kita bisa sedikit berpartisipasi membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran. Banyak contoh negative lainnya dari pemerintah kita, yang pastinya smua orang juga akhirnya berusaha untuk memahami kondisi yang sangat tidak adil.

Pak Ary membawa kami smua ke suatu pemahaman bahwa yang harus dibenahi dari negeri ini adalah MENTALITASNYA. Dengan mengusung  7 Budi Utama yakni Jujur, Tanggung jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli diharapkan kita semua sebagai warga Negara Indonesia mampu menjadi manusia yang menjunjung tinggi  KEJUJURAN, menjadi manusia yang mampu  ber-TANGGUNG JAWAB, mampu berfikir ke depan (VISIONER),  DISIPLIN, KERJASAMA, ADIL dan PEDULI.
Kalau saja kita semua sebagai manusia Indonesia dapat berperilaku sesuai dengan 7 Budi Utama maka sebentar lagi kita akan merasakan Indonesia yang baru, Indonesia yang bersih dari koruptor, Indonesia yang Jaya, Indonesia baru, yakni jaman Indonesia Emas.

Sesi materi training lainnya adalah sebagai berikut :

Cara menjadi pengusaha sukses yaitu
Ketrampilan 10-20%
Perilaku (kejujuran, kedisiplinan dan mentalitas) 80-90%

3 Motivasi pengusaha sukses :
-Material (uang)
-Emosional (keluarga)
-Spiritual (amal ibadah)

3 Kecerdasan :
IQ (ability to think)
EQ (ability to feel)
SQ (who am I)

Digabung menjadi satu kesatuan yakni ESQ

Demikian yang bisa saya rangkum dari pengalaman training kemarin, smoga memberi manfaat bagi kita smua. Amin YRA

Posted by Afia Lindra

--cari kue enak? ke Suvenir Coklat ajjah...

No comments:

Post a Comment