Sunday, March 15, 2015

Jodha Akbar - Rangkuman 21



Raja Jalal bermimpi bahwa dia melihat anak dalam ayunan dan itu adalah mimpi yang sangat indah dan berkesan, kemudian segera Jalal ke ruangan Jodha untuk menceritakan mimpinya tersebut dengan perasaan suka cita yang luar biasa.

Di kesempatan berikutnya ada perayaan dimana hari tersebut adalah hari saat raja Jalal merebut kembali kekuasaan Agra dari musuhnya dan sekaligus saat itu Jalal diberi gelar Akbar, raja Muhammad Jalalludin Akbar.


Di tempat lainnya, ratu Mahacucak yang menguasai wilayah Kabul, ibu tiri Jalal berencana untuk menyerang kerajaan Mughal sekaligus merebut kekuasan raja Jalal yang menjadi menjadi penguasa di wilayah kerajaan Mughal. Dalam rencana ini ratu Mahacucak memperalat Shanaz (Nigar).


Jadi ternyata selama ini Shanaz (Nigar) yang sejak kecil terpisah dari ibunya karena kondisi yang membahayakan pada saat Shanaz (Nigar)  masih menjadi bayi mungil. Shanaz kecil oleh ibundanya yaitu ratu Chan, salah seorang  istri raja Humayyun, diserahkan pada seseorang, karena kondisi perang saat itu yang mengancam kerajaan Mughal dan juga kematian raja Humayyun.

Maham Anga yang saat itu menjadi  pelayan ratu Chan ternyata mengetahui bahwa raja Humayyun memberikan harta karun untuk Shanaz  (Nigar kecil) dan besar keinginan Maham Anga untuk bisa mendapatkan harta tersebut. Sayangnya Nigar berhasil diserahkan pada orang lain dan ratu Chan berhasil keluar dari istana saat huru hara terjadi di kerajaan Mughal, hingga suatu ketika dalam sebuah perjalanan diluar istana Maham Anga menemukan ratu  Chan di jalan yang sudah menjadi gila (hilang ingatan) serta terus menerus menyebut nama anaknya, Nigar.


Ratu Chan yang dalam kondisi  gila tersebut dibawa oleh Maham Anga ke dalam istana tetapi disembunyikan  di sebuah  tempat rahasia untuk kemudian selalu disiksa oleh Maham Anga dengan tujuan memperoleh informasi tentang harta karun peninggalan raja  Humayyun.


Nigar kecil tumbuh menjadi dewasa dengan prasangka buruk tentang kerajaan Mughal dan juga prasangka buruk terhadap raja Jalal yang merupakan kakak tirinya.


Biar gak bingung nih...
Raja Humayyun (ayahnya  Jalal) punya istri 3 istri istimewa, 1.Ratu Hamida (ibunya Jalal) 2.Ratu Mahacucak (ibunya Mirza Hakim) 3.Ratu Chan (ibunya Nigar)


Ratu Hamida tetap berada di kerajaan Mughal dan saat ini mendampingi Jalal sebagai raja Mughal.

Ratu  Mahacucak diberi kekuasaan di wilayah Kabul, secara attitude ratu yang satu ini negatif dan serakah. Makanya berencana sejak lama untuk merebut kekuasaan kerajaan dari raja Jalal, padahal sudah jelas bahwa tahta kerajaan Mughal diturunkan kepada Jalal yang merupakan putra pertama dari raja Humayyun dari ratu Hamida. 


Ratu Chan, istri raja Humayyun yang kemudian hilang ingatan dan ditemukan dijalan oleh Maham Anga, dibawa ke istana untuk dikorek keterangannya tentang harta karun untuk Nigar yang ingin dikuasai oleh Maham Anga.

Bersambung ke sini --> Rangkuman 22

---cari kue enak ? ke Suvenir Coklat aja... bisa juga kesini
yang mau kenal sama yang nulis bisa klik Afia Lindra

No comments:

Post a Comment